Minggu, 08 November 2009

ARTIKEL 2

Amankah Konsumsi Kalsium Kita 

Kalsium berperan dalam beberapa fungsi proses metabolisme tubuh untuk mempertahankan tubuh agar tetap sehat, terutama untuk perkembangan tulang dan gigi ( kira-kira 90% kalsium terdapat pada tulang dan gigi ). Kecukupan kalsium yang dibutuhkan rata-rata 800g/hari, sementara kebutuhan magnesium adalah 400 mg/hari

Kalsium dan magnesium akan saling membantu dalam penyerapannya bila terdapat dalam jumlah yang cukup seimbang. Para ahli dan gizi dunia menyarankan agar perbandingan Ca/Mg adalah 2:1. Bila terlalu banyak kalsium, terlalu banyak penyakit yang ditimbulkan karena penimbunan kalsium ini ternyata terdapat bersama-sama lemak di dalam pembuluh darah. Kalau kita cermati, tidak ada penyakit yang tidak berhubungan dengan pembuluh darah sehingga kecukupan dan keseimbangan kebutuhan magnesium sangat perlu diperhatikan. Para ahli sering menjuluki bahwa magnesium ini sebagai FORGOTTEN MINERAL dan 5-cent MIRACLE TABLET.

Magnesium termasuk mineral penting yang jarang dikedepankan. Meski jumlahnya didalam tubuh hanya 0,05% berat badan, peran magnesium bagi kesehatan tubuh justru tidak dapat dianggap kecil.\

Setelah oksigen, air dan makanan dasar, magnesium mungkin merupakan elemen mineral terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan lebih dari 300 jenis reaksi biokimia agar metabolisme dapat berjalan dengan baik.

Apakah kita mengetahui dan sadar bahwa kita bisa meninggal mendadak dikarenakan kekurangan magnesium? Ketika secara tiba-tiba jantung kita berhenti berdenyut, dokter kemudian menyimpulkan bahwa kita mendapat serangan jantung ( penyebab nomer 1 kematian rakyat di Amerika ). Dokter tidak pernah menyatakan, kita mati karena kekurangan magnesium.

Penyakit utama yang diketahui dapat disembuhkan oleh terapi magnesium dalah penyakit jantung koroner; tekanan darah tinggi; diabetes mellitus; detak jantung tidak normal. Selain itu magnesium juga dipergunakan untuk penderita penyakit aterosklerosis; engina pektors; hipertensi; asma bronkial; epilepsi atau ayan; autisme; hiperaktivitas; batu ginjal; rasa sakit ketika haid; kecanduan alkohol; kelelahan; osteoporosis; ansietas ( rasa cemas berlebihan ); insomnia ( tidak bisa tidur ); keram otot; depresi.

Penerapan magnesium untuk kecantikan dan kesehatan adalah untuk mengangkat kulit-kulit mati ( dead skin ) yang tidak dapat dilakukan oleh sabun biasa.

Penggunaan magnesium yang lain adalah untuk menggumpalkan tahu; melembutkan nasi ( diteteskan ketika menanak nasi ); membuat sup sayuran ( karena magnesium dapat menghambat/melindungi penghancuran pectin-unsur pembentuk serat sayuran pada suhu tinggi ). Tahu di Indonesia selalu digumpakan dengan cuka, namun jepang selalu memakai Sari Air Laut ( yg disebut Nigari ) yang kaya magnesium.

Indonesia sudah seharusnya memperhatikan standar minimal magnesium pada Air Minum dalam Kemasan seperti yang telah lama dilakukan oleh negara Eropa ( 20mg magnesium per liter ) dan Amerika ( 25mg per liter ). Propinsi Jawa Timur sudah memasukkan unsur micro ( Selenium, Zinc dan Magnesium ) yang wajib dikonsumsi pada RAPERDA PERBAIKAN GIZI ( yang sedang dalam pembahasan di DPRD Jawa Timur pada tahun 2007-2008 ). ( Dr. Ir. Nelson Sembiring M.Eng. )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar